Setelah
seseorang memutuskan untuk menjadi pelanggan dari produk dan jasa Anda, apa
yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda akan berjabat tangan dengan
pelanggan baru Anda tersebut dan mengantarnya keluar dari ruangan Anda karena
tujuan Anda telah tercapai atau… Apakah Anda akan duduk dengan tenang bersama
pelanggan baru Anda tersebut dan menyempatkan diri selama beberapa menit untuk
meyakinkannya bahwa ia telah melakukan hal yang benar?
Saya
harap Anda mengambil keputusan yang terakhir…
Ada
suatu pendapat di industri pemasaran bahwa Anda tidak seharusnya menjual
setelah pembelian terjadi . Dengan kata lain, ketika seseorang telah memutuskan
untuk membeli produk dan jasa Anda, berhentilah menjual. Saya sependapat. Namun
demikian, jangan pernah berhenti untuk kembali meyakinkan keputusan pembelian
yang telah dilakukan oleh pelanggan baru Anda.
Segera
setelah transaksi pembelian dilakukan, pekerjaan Anda sebagai customer support
dimulai dan hal tersebut tidak akan pernah berakhir.
Ketika
suatu keputusan pembelian telah dibuat, yakinkan kembali pelanggan baru Anda
bahwa ia tidak akan pernah menyesali keputusan tersebut. Kekecewaan pelanggan
setelah melakukan keputusan pembelian terkadang adalah hal yang wajar dan Anda
tentu saja tidak mau membiarkan hal tersebut berkepanjangan sehingga mereka
akan kabur dari daftar pelanggan setia Anda hanya karena Anda lupa menyisihkan
sedikit dari waktu Anda untuk meyakinkan mereka kembali. Bila Anda bisa
menciptakan suatu kondisi dimana pelanggan Anda sangat paham mengenai produk
dan jasa yang mereka beli, maka hubungan bisnis yang sebenarnya pun baru bisa
dimulai.
Berikut
adalah 10 cara untuk mengukuhkan keputusan pembelian yang telah dibuat dan
memulai hubungan bisnis jangka panjang dengan pelanggan baru Anda:
Tips
1:
Hubungi
kembali pelanggan-pelanggan baru Anda tersebut sehari setelah pembelian produk
dan jasa Anda. Ungkapkan kembali betapa senangnya Anda bahwa mereka sekarang
adalah pelanggan dari produk dan jasa Anda dan betapa Anda mengharapkankan
bahwa produk dan jasa tersebut memang benar menguntungkan bagi mereka. Anda
bisa menghubungi pelanggan-pelanggan baru Anda tersebut dengan telepon atau
e-mail tergantung dari jenis bisnis Anda dan mungkin produk dan jasa yang
dibeli.
Tips
2:
Ceritakan
mengenai pelanggan lainnya yang telah membeli produk dan jasa Anda dan betapa
puasnya mereka saat ini.
Tips
3:
Kirim
ucapan kartu terima kasih karena telah menjadi pelanggan Anda.
Tips
4:
Ajari
pelanggan baru Anda perihal prospek dari produk dan jasa Anda di masa yang akan
datang. Berikan kepada mereka penjelasan yang singkat, jelas, dan padat perihal
apa yang seharusnya mereka lakukan paska pembelian dan apa yang akan Anda
lakukan sebagai penjual untuk menjamin kenyamanan mereka terhadapa produk dan
jasa Anda.
Tips
5:
Beritahukan
kepada pelanggan baru Anda bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi dan
bantuan teknis andaikan mereka memiliki pertanyaan atau mendapatkan masalah
dari produk dan jasa yang telah mereka beli dari Anda di kemudian hari.
Tips
6:
Apabila
Anda sedang mengirimkan produk melalui jasa pihak ketiga (kurir), beritahukan
kapan persisnya produk tersebut diberangkatkan dari tempat Anda. Anda pun harus
proaktif untuk menanyakan kepada kurir Anda untuk memastikan produk tersebut selamat
sampai di tujuan. Apabila bisnis Anda tidak menggunakan telepon sebagai media
untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan-pelanggan Anda, Anda bisa kirimkan
e-mail automatis kepada mereka.
Tips
7:
Sehubungan
dengan tip di atas, sediakan suatu sistem dimana pelanggan Anda dapat melacak
status pengiriman dari produk Anda tersebut.
Tips
8:
Hubungi
kembali pelanggan Anda tersebut seminggu setelah pembelian atau pengiriman
untuk memastikan produk tersebut sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
Lakukan hal yang sama sebulan setelahnya.
Tips
9:
Simpan
e-mail pelanggan-pelanggan Anda dan secara periodik, kirim berita perkembangan
seputar bisnis Anda (atau mungkin produk dan jasa baru dari Anda). Lanjutkan
hubungan baik Anda dengan pelanggan-pelanggan Anda setelah pembelian dilakukan
dan jangan pernah berhenti.
Tips
10:
Beritahukan
kepada pelanggan-pelanggan Anda saat ini seputar penawaran terbaru dan diskon
special dari waktu ke waktu. Biarkan mereka tahu bahwa ada sesuatu yang spesial
dengan menjadi pelanggan Anda. Pelanggan-pelanggan Anda saat ini seperti orang
dalam dengan akses khusus dan ketika mereka puas dengan kinerja Anda, mereka
tak akan segan-segan memberitahukan hal tersebut kepada yang lainnya.
Itulah 10 tips dari penulis kepada pebisnis lainnya yang
saat ini sedang menjalankan usaha mereka dengan gigih. Ingatlah selalu bahwa
kesan pertama memegang peranan penting dalam sebuah bisnis, sama pentingnya di
kehidupan sosial kita. Dan memastikan bahwa pelanggan-pelanggan Anda
terintegrasi dengan sistem pendukung penjualan yang telah Anda buat dan
meyakinkan mereka perihal keputusan pembelian yang telah dilakukan sangatlah
penting untuk kesuksesan bisnis Anda di masa yang akan datang.
Salam sukses!